Berpetualang di bumi Kartini

16 Nov 2009

pantai-senja

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada admin blogdetik yang sangat giat memacu dan mendorong kita-2 publisher untuk terus menulis dengan bermacam-2 tema dan hadiah, terus terang saya bukanlah orang yang suka menulis hanya waktu itu kebetulan ada lomba menulis di BlogDetik jadi saya ikutan bikin blog ini dan alhamdulillah disela kesibukan saya terbit juga postingan ketiga saya :-P

Kali ini saya mau bercerita pengalaman saya hidup di Kota Jepara yang notabene adalah kotanya Ibu kita Kartini tercinta.

Di Jepara dan tetangganya adalah kawasan yang unik dilihat dari aspek geografis, Jepara kaya akan pantainya yang indah diantaranya adalah pantai Kartini, Pantai bandengan dan pantai Benteng Portugis tapi kota sebelahnya kota Kudus mempunyai Gunung yang tidak kalah menawan yaitu gunung Muria. Jadi bila teman-2 ingin merasakan wisata ke daerah pantai dan gunung sekaligus Jepara tempatnya karena pantai dan gunung hanya terpisah setengah jam perjalanan bus.

Pengalaman saya banyak sekali karena memang saya besar di sana, dari kecil saya sudah biasa mandi di pantai walaupun rumah saya agak jauh kalau dari pesisir sekitar 15 menit naik motor, bukan karena hobby berenang tapi dulu waktu kecil saya menderita sakit kulit n tiap kali kambuh Bapak saya sering membawa saya berendam di pantai, biar cepat sembuh katanya walaupun rasanya gatel, perih nggak karuan tapi wong masih kecil ya akhirnya nurut saja

Oya saya dulu sering berenang di pantai teluk awur selain dekat dengan rumah kakek juga pantainya masih asli karena belum kena sentuhan Pemda alias belum dikomersilkan. oya Jepara juga punya wisata pulau lho namanya pulau Panjang mungkin karena bentuknya yang memanjang mirip Ulet.. jaraknya hanya 5 menit naik perahu dari pantai Kartini. waktu SMA dulu saya sering main kesitu ngambil telur bangau.. (jangan ditiru ya) sebagai catatan, di pulau Panjang ini Banyak sekali Bangau liar yang bersarang.

kura2

Kalau teman-2 berkunjung kepantai Kartini jangan kaget soalnya disitu ada patung kura-2 raksasa yang alamak besarnya bagus buat foto-2. tapi di pantai Kartini kurang enak buat mandi karena banyak karang kalau mau mandi di pantai Bandengan saja karena selain nggak ada karang juga pasirnya yang putih indah sekali, ke utara ada pantai Benteng Portugis sesuai namanya disitu memang terdapat bekas benteng punya Penjajah Portugis yang dahulu mencoba mau menjajah negeri kita.

Satu lagi kalau berkunjung ke Jepara ada sesuatu yang nggak boleh dilupakan yaitu kerajinan ukirnya. Mendapat peringkat satu di dunia dikarenakan originalitas desain dan penyajiannya. Jangan kaget bila berkunjung kesalah satu rumah asli jepara dimana daun pintu, Jendela, Rooster, tiang sampai pergolanya semuanya dikasih motif ukiran.

Dan satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan adalah Kacang Oven khas jepara, rasanya super gurih kalau kebetulan mampir jangan lupa beli untuk oleh-2.

Oke.. sekian dulu ceritanya kapan-2 disambung lagi.. bye (mau pulang kampung..)

informasi selengkapnya silahkan kunjungi situs resmi pmerintah Kab. Jepara : http://www.jeparakab.go.id/


TAGS Jelajah wisata


-

Author

Follow Me