belajar pada anak - lho nggak kebalik nich…

4 Jun 2012

hani dan manda

hani dan manda

memang nggak! judul diatas benar dan pas sekali dengan apa yang mau saya sharing berikut ini.

biasanya khan memang kita sebagai orang tua yang selalu gencar mengajari anak kita ini dan itu. mencarikan bahan belajar, mainan edukasi, sekolah yang bonafit, guru les ini dan itu dll. tapi ternyata setelah dipikir-2 kita bisa juga lho belajar pada mereka, mengenai sifat-2 dasar mulia yang setelah kita dewasa entah bagaimana kita telah sedikit lupa.

coba amati anak-2 kita dan temukan pada mereka sifat-2 mulia yang bisa kita aplikasikan pada hidup kita :

1. Jujur

ya. mana ada anak kecil yang berbohong? kalau tidak karena diajari oleh yang lebih tua. pada dasarnya anak-2 adalah manusia yang sangat jujur. saking jujurnya dia akan mengatakan apa saja yang kita tanyakan bahkan hal yang memalukan sekalipun. misalkan ada makanan himeja hilang, dan tidak ada yang mengaku, coba tanya anak kita, kalau dia melihat dia akan mengatakan siapa yang mengambil, misal ” kakak yang mengambil” dan sebagainya.

entah bagaimana semakin dewasa, semakin kita lupa akan nilai kejujuran. kita selalu berfikir untung rugi sebelum mengatakan yang sebenarnya. padahal kejujuran adalah modal penting semua orang bila dia mau dipercaya oleh, masyarakat, teman bisnis, pasangan, atasan. dsb. pedagang yang jujur akan mempunyai rezeki yang lebih melimpah dari pada yang suka berbohong. nabi sendiri adalah seorang pedaganag yang sangat dikenal akan kejujurannya.

2. action oriented

ya, anak - anak adalah manusia yang action oriented. dia tidak akan berfikir ini-itu sebelum melakukan apa yang dia suka. kalau dia ingin pipis misalnya langsung aja buka celana, ( tapi kalau anak saya dah diajari cara pipis ke WC). kalau dia ingin bermain tanah, dia akan langsung ikut gabung sama temen-2nya gak perduli kotor / panas. gampangnya mereka akan selalu action dulu berfikir kemudian.

hubungannya dengan dunia kita para bapak / ibu, kadang kita diwari suatu pekerjaan, atau peluang usaha, kita selalu saja banyak berfikir untung rugi dan banyak hal, kadang ada yang minta sedekah kita juga masih mengulur-2 udah gitu ngasihnya kecil lagi. kenapa nggak LAKUKAN SAJA dan baru dianalisa.

3. tidak sabaran

kelihatannya ini sifat yang jelek, tapi bila diarahkan pasti jadi baik. mana ada anak kecil yang jalan berlenggok-2 kalau dia mau kemana pasti LARI. lari kesana - sini sudah menjadi kebiasaan anak kecil. dia nggak sabar untuk menempuh jarak yang dekat dengan jalan kaki. dia pasti lari. lainnya lagi, kalau minta sesuatu pasti mintanya SEKARANG! nggak mau menunda-2 kalau dilama-2 pasti nangis dia.

sifat ini bagus karena dalam melakukan pekerjaan apapun memang harus diselesaikan secepatnya. sehingga ada waktu untuk evaluasi / melakukan pekerjaan lainnya.

4. Fokus

coba ganggu anak kita yang sedang bermain. pasti dia akan marah. ya.. anak-2 kita adalah manusia yang sangat fokus pada pekerjaannya. tidak seperti kita yang bekerja kadang sambil roko’an / ngobrol sana ngobrol sini. atau sambin maen fb.. hehe…

ok! sementara-2 4 hal itu dulu ayng sy ulas apakah ada yang mau menambahkan ??

update 11 juni 2012 :

5. Bergerak

tadi pagi ceritanya lagi duduk-duduk sama sikecil di depan rumah, sambil cerita-2 ringan pagi hari. lalu Ibunya Hani mau beli sarapan ke tetangga. langsung aja teriak IKUT BU… langsung pakai sandal dan lari nyusul Ibunya, sedang ayahnya dicuekin aja… :-)

ia pelajaran hari ini, anak kecil selalu bergerak, dia tidak betah duduk berlama-2 kalau ada kesempatan dia akan selalu ikut melakukan sesuatu / sekedar main. bandingkan dengan kita yang pengennya nyantai saja kalo pagi.. hehe… dan catatan satu lagi bergerak mengalahkan yang tidak bergerak (dalam dunia bisnis)..


TAGS Free thingking Free writing


-

Author

Follow Me